Jumat, 06 November 2009

MANAJEMEN PEMASARAN "ARTI SEBUAH LOGO"

Brand
Suatu perusahaan beroperasi disamping untuk mendapatkan laba atau keuntungan juga untuk mempertahankan kelangsungan hidup bisnisnya. Suatu perusahaan dalam rangka memenangkan persaingan dituntut melakukan kegiatan pemasaran bagi produk-produk yang dihasilkan. Pemasaran mencakup usaha perusahaan yang dimulai dengan mengidentifikasikan kebutuhan konsumen yang perlu dipuaskan, menentukan produk yang hendak diproduksi, menentukan harga produk yang sesuai, menentukan cara-cara promosi dan penyaluran/penjualan produk tersebut, hingga pada akhirnya produk yang dihasilkan tersebut sampai kepada konsumen.
Nama memang tidak banyak berarti namun hal-hal yang diasosiasikan dengan nama tersebutlah yang menjadikan sebuah nama sesuatu yang sangat berarti. Nama-nama seperti NOKIA, SONY ERICSSON, dan LG bahkan Sederhana, memiliki makna masing-masing namun seluruhnya berarti sangat besar baik bagi perusahaan pemilik nama tersebut maupun pelanggan atau penggunanya. Jika suatu hari tiba-tiba mereka semua merubah namanya apakah yang akan terjadi? Akankah konsumen beralih ke merek lain, tetap setia, atau lebih berhati-hati? Apakah perubahan nama lantas berarti perubahan produk, kualitas, dan reaksi dari konsumen? Belum tentu namun inilah yang menjadi hal yang menarik.

Lalu apakah merek itu sendiri?
Brand atau merek bukanlah sekedar nama tetapi juga mencakup citra dan pelayanan.
Merek adalah salah satu hal yang membedakan sebuah unit usaha dan produk atau layanannya dari kompetitor terutama dalam industri yang sama. Nilai sebuah merek akan didapatkan dari berbagai aspek yang menyangkut usaha yang menggunakan merek tersebut yang menjadikan konsumen merasa lebih nyaman menggunakan merek tertentu dibandingkan dengan merek lainnya.

Nama tidak penting?
Dalam hal ini, nama tidak berarti banyak bagi konsumen karena kualitas dan kemampuan adalah brand yang harus sebenarnya dimiliki, bukanlah nama produk. Apa saja yang dapat memberikan produknya nama apapun yang mereka inginkan dan akan tetap laris karena nama produk bukanlah brand yang diusung namun kualitas, kemampuan, dan style yang dijunjung tinggi.

Analisis Logo
Begitu juga dengan produk handphone yang sekarang ini sedang berkembang pesat. Produk handphone Nokia yang selalu dan selalu mengeluarkan berbagai inovasi akan dapat menarik minat konsumen. Dalam hal ini konsumen akan dimanjakan dengan berbagai produk yang sangat menarik. Disinilah loyalitas konsumen teruji. Menghadapi persaingan yang semakin ketat, Nokia terus berupaya menciptakan inovasi-inovasi baru yang dapat menarik konsumen. Berbagai brand handphone yang banyak beredar di pasaran antara lain Siemens, Sony Ericson, Samsung, motorola, dan sebagainya. Produk handphone Nokia yang ada selama ini mendapatkan tempat yang cukup baik dimata konsumen. Produk tersebut mempunyai beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan produk lain yang sejenisnya. Kelebihan yang ada tersebut antara lain menyediakan banyak fasilitas, harga relaitf terjangkau, dan sudah lamanya brand tersebut beredar di pasaran. Handphone Nokia juga memudahkan cara pemakaiannya daripada handphone lainnya. Inovasi ini diciptakan agar konsumen merasa puas dan diharapkan handphone Nokia dapat merebut pangsa pasar. Selain itu Nokia juga menguasai pangsa pasar hampir 70,5%, menyusul Siemens 7,0%, Sony Ericson 6,8%, dan sisanya merek lainnya. (Swa Sembada edisi bulan April 2006) Konsumen yang telah terbiasa menggunakan handphone dengan brand tertentu akan cenderung loyal terhadap brand yang sudah dimilikinya, karena sebagian besar konsumen akan melakukan seleksi yang sangat hati-hati. Produk handphone yang
mempunyai kualitas tinggi karena mempunyai kualitas dan fasilitas yang unggul, jadi konsumen akan lebih memilih produk yang berkualitas tersebut.
Berdasarkan uraian di atas, diantaranya munculnya banyak brand-brand handphone di pasaran mengakibatkan munculnya berbagai inovasi yang berhubungan.


LG
Life’s Good, dilambangkan dengan gambar lingkaran, dimana lingkaran melambangkan adanya sebuah wajah orang yang tersenyum. Lambang bentuk muka orang yang sedang tersenyum ini melambangkan adanya sebuah kebahagiaan yang membawa sebuah efek cerah terhadap merek ini, dimana wajah tersenyum tersebut dilambangkan sebagai seseorang yang bahagia ( hidup yang bahagia dengan LG atau hidup yang lebih banyak arti).


Sony Ericcsson
adalah gabungan dari 2 perusahaan ponsel : Sony dan Ericsson, pada tahun 2001. Mergernya 2 perusahaan ini memperkokoh produksi ponsel-ponsel mereka. Ponsel-ponsel Ericsson yang modelnya kaku dan fungsional, lewat sentuhan Sony berubah menjadi stylis tanpa mesti mengurangi kekuatan dari Ericsson. Di Indonesia, bermunculan komunitas-komunitas Soner (SonyEricsson) yang fanatik pada merek ini.
Logo ini melambangkan kesan elegan dari sebuah merek hp, dengan adanya warna cerah Hijau muda yg membawa kesan santai tapi terlihat elegan dipadukan dengan wara putih yang lebih warna santai yang membawa efek jernih seperti sebuah tetesan air yang hidup.

Nokia
Logo dibah ini merupakan salah satu yang melambangkan bahwa dengan Nokia bisa menghubungkan antara orang yang satu dengan yang lainnya. Logo ini jug melambangkan bahwa Nokia sahabat para pelanggannya, dengan melambangkan tangan orang yangsaling bersalaman yang mengartikan sebuah persahabatan ditambah dengan tulisan NOKIA Connecting People dengan warna Biru yang contras dengan warna putih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar